Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Google Admob dan Cara Penggunaannya

 



Ternyata menghasilkan uang melalui iklan tidak hanya dengan website saja seperti AdSense. Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan memasang iklan melalui aplikasi Android. Pahami apa itu Google admob dan bagaimana cara daftar Google admob.

Apa Itu Google AdMob?

Google admob merupakan singkatan dari advertising on mobile yang mana admob ini rilis pada tahun 2006 dan mendapatkan akuisisi oleh Google pada tahun 2009.

Banyak yang menggunakan Google admob untuk pemasang iklan dan monetisasi di aplikasi seluler. Selain itu admob juga memiliki banyak fitur yang bisa memaksimalkan nilai setiap tayangan.

Penayangan iklan admob bisa anda pakai dari berbagai from seluler seperti Android, WebOS, iOS dan Windows phone. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan iklan seluler terbesar yang memiliki sekitar 4000 miliar pemasangan iklan di mobil banner setiap bulannya.

Katanya anda memahami fitur-fitur yang dimiliki oleh Google admob sebelum pada langkah cara daftar Google admob.

Fitur Google AdMob

Google admob lengkap dengan fitur iklan internal yang bisa anda manfaatkan oleh developer aplikasi untuk meningkatkan penayangan iklan. Berikut adalah fitur dari AdMob:

Open Bidding

Fitur ini bisa anda manfaatkan dengan menghubungi semua jaringan iklan dalam waktu yang sama untuk proses tawar-menawar setiap ruang iklan yang tersedia.

AdMob In-App Purchase House Ads

Ini adalah format iklan yang terbaru dan bisa anda akses secara gratis. Anda juga bisa mendapatkan gambaran baru tentang strategi monetisasi seperti membuat iklan untuk promosi barang yang akan dijual kepada mereka.

Audience Builder

Fitur Audience Builder termasuk senjata paling bagus di admob sehingga memungkinkan developer membuat daftar pemirsa potensial berdasarkan perilaku.

AdMob Native Ads

Jenis vitamin iklan ini masih dalam versi beta platform admob. Developer akan memiliki akses untuk menampilkan native ads dari para pengiklan Google.

Jika anda sudah sedikit memiliki gambaran fitur dari Google admob, kini anda bisa memahami cara memasang Google atlet dengan firebase.

Cara Daftar Google AdMob dengan Firebase

Layanan Google Akmal bisa memberikan akses api kepada developer sehingga bisa memaksimalkan sinkronisasi dan anda bisa menyimpannya di cloud.

Langkah pertama untuk memasang Google admob dengan firebase adalah mengimpor dan menginisialisasi Google mobile ads SDK. Berikut penjelasan lengkapnya :

Penuhi Prasyarat AdMob

Memenuhi semua persyaratan AdMob adalah sebuah keharusan untuk mendapatkan untung dari aplikasi yang anda buat.

Hubungkan Aplikasi dengan Firebase

Ketika anda sudah selesai menghubungkan aplikasi dengan firebase, anda perlu mengkonfigurasi lebih lanjut. Silahkan konfigurasi aplikasi untuk firebase dan download free base SDK untuk sistem operasi Android misalnya.

Import Mobile Ads SDK

Mengimpor mobile ads SDK ke file Gradle modul atau level aplikasi dan kemudian simpan file untuk sinkronisasi Gradle.

SBK sendiri distribusikan sebagai bagian dari Google repository yang mana anda bisa memperoleh pesan dari Android studio terkait permintaan untuk pemasangan. Setuju saja karena Android studio makan mengurus semuanya.

Perbarui AndroidManifest.xml

Anda akan mendapatkan permintaan untuk menambahkan ID aplikasi admob ke dalam file androidmanifest.xml di aplikasi. Caranya adalah menyematkan tag .

Anda perlu menulis ID aplikasi admob di dalam "yang berlaku mulai dari Google Ads SDK mulai dari versi versi 17.0.0. jika komet letaknya error akan muncul pesan error. Perbaiki sampai berhasil.

Install SDK

Langkah berikutnya untuk daftar Google admob melalui firebase adalah dengan inisialisasi SDK. Aplikasi harus mengisi alisasi Mobile Ads SDK sebelum membuat iklan.

Pilih Format Iklan

Biasanya tahap ini bisa muncul error hanya sekali yaitu pada saat pertama kali mencobanya. Untuk melihat id di aplikasi Anda bisa melihatnya di dasbor pengguna admob.

Setelah instalasi SDK berhasil langkah selanjutnya adalah memilih format iklan. Admob menawarkan 4 bentuk iklan untuk meningkatkan pengalaman terbaik anda. Berikut 4 jenis iklan admob :

       Banner

       Interstisial

       Native

       Video Reward

Tutorial Daftar Google AdMob Mandiri (Tanpa Firebase)

Alternatif mendaftar Google admob secara mandiri tanpa firebase adalah dengan mengikuti cara ini. Anda bisa memonetisasi aplikasi Android ke Google admob tanpa apa mengerjakan layangan firebase.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengintegrasikan atau daftar Google admob SDK ke dalam aplikasi :

Penuhi Prasyarat

Langkah pertama yang bisa anda lakukan kan adalah mengikuti semua persyaratan Google map itu sendiri. Sediakan Android studio 3.2, minSdkVersion 14 dan compileSdkVersion 28 (atau yang lebih tinggi).

Import Mobile Ads SDK

Silakan impor mobil SBK dan mulailah dengan proyek baru di Android studio. Pada posisi ini cukup membingungkan karena setiap membuat aplikasi di Android studio berbeda-beda.

Silahkan centang kotak Use AndroidX Artifacts atau pilih Migrating to AndroidX untuk memigrasi proyek. Silakan impor aplikasi anda dengan Google Mobile Ads SDK menggunakan konfigurasi gradle yang mengarah ke repository Maven Google.

Perbarui AndroidManifest.xml

Selanjutnya yaitu memperbarui Androidmanifest.xml Anda dengan cara memasukkan ID aplikasi ke file Androidmanifest.xml.

Silakan menambah tag di bagian android:name (com.google.android.gms.ads.APPLICATION_ID) di sisi antarmuka pengguna admob.

Inisialisasi Mobile Ads SDK

Kecelakaan maut inisialisasi mobile x SDK dengan cara pertama adalah format aplikasi dengan memanggil MobileAds.initialize() yang bertugas untuk menginisialisasi SBK dan memanggil ulang setelah 30 detik.

Pilih Format Iklan

Langkah terakhir agar bisa daftar Google admob secara mandiri tanpa firebase adalah dengan memilih format iklan. Setelah mobile SDK sukses Anda impor, silakan pilih jenis format iklan yang tersedia pada AdMob.

Cara Menggunakan Google AdMob

Sampai pada posisi ini seharusnya anda sudah selesai membuat aplikasi dengan firebase atau tanpa firebase yang bergabung juga dengan admob.

Langkah selanjutnya adalah melakukan cara dalam penggunaan Google admob. Simak berikut ini :

Buka Google AdMob

Langkah pertama buka situs admob kemudian login atau registrasi bagi yang belum di https://admob.google.com/intl/id.

Klik Menu Monetize

Silakan klik menu di sebelah kiri atas dan kemudian trik lagi new app untuk monetization.

Lengkapi Informasi Aplikasi

Silahkan melengkapi informasi yang harus anda input untuk membuat ape monetization. Misalnya judul aplikasi, platform dan beberapa informasi lainnya. Anda bisa menambahkan lebih dari satu aplikasi di laman ini.

Pilih Jenis Iklan

Langkah selanjutnya yaitu memilih jenis iklan sesuai kebutuhan Anda ada dengan Google admob. Anda juga bisa memilih jenis konten yang ingin menampilkan banner iklan bisa berupa gambar dan teks.

Tambahkan Firebase Analytics

Akmal akan memberikan Ad Unit ID, silahkan simpan ini untuk proses memasang kode selanjutnya. Tambahkan firebase analistik agar bisa menampilkan berbagai jenis analitik. Ini hanya opsi anda saja.

Download Google Mobile Ads SDK

Silakan download Google Mobile Ads SDK kemudian memeriksa Check Integration.

Mengintegrasikan AdMob SDK

Segera salin kode Ad Unit ID untuk menambahkan unit iklan ke aplikasi. Anda bisa mencoba memakai MT Google AdMob library agar fiturnya lebih lengkap dan bisa anda download di Github.




Tunggu OM