Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Script Iklan Yang Benar di Wordpress (lengkap!)

 


Cara Memasang Script Iklan Yang Benar Di Wordpress.- Google Adsense merupakan salah satu layanan penayangan iklan terbesar saat ini.

Walaupun sebenarnya ada banyak sekali layanan selain Adsense, tetapi saat ini angka pengguna Google Adsense paling banyak. Hampir semua para creator blog ataupun YouTube menjadi publisher Adsense.

Karena saat ini mendapatkan penghasilan tambahan yang masih menjanjikan dan tidak ada penipuan salah satunya ini. Maka tidak heran jika pada berlomba-lomba untuk meraup untung melalui Google Adsense.

Namun tidak semudah yang Anda bayangkan, ada banyak sekali rintangan yang harus terlewatkan, mulai dari tahap review Google, kualitas blog, kualitas artikel, jumlah trafik, dan masih banyak lainnya.

Salah satu hal yang terkadang masih membuat bingung para pemula yakni cara memasang script iklan yang benar, terutama bagi pengguna Wordpress.

Beda dengan blogspot, jika ingin memasang iklan bisa melalui tata letak template. Untuk Wordpress tidak bisa melalui itu, karena pengaturannya jelas beda.

Ada berbagai macam hal yang harus Anda atur terlebih dahulu. Oleh karena itulah pada artikel kali ini saya akan berbagai sedikit cara memasang script iklan yang benar dan tepat pada Wordpress.

Mari simak ulasan lengkapnya.

Cara memasang script iklan yang benar pada Wordpress

Pada dasarnya memasang iklan pada blog wordpress dapat kita lakukan dengan bantuan tools atau plugin dan juga pada pengaturan widget theme Wordpress.

Dengan memakai plugin dan widget inilah kita bisa memasang berbagai macam jenis iklan. Tidak hanya iklan pihak ketiga, namun kita juga bisa memasang iklan mandiri.

Sama halnya iklan Google Adsense yang banyak kalangan orang bergabung. Namun walaupun gitu masih banyak juga yang bingung untuk melakukan settingnya.

Oleh karena itu saya akan berbagi cara lengkapnya, namun sebelum masuk ke langkah-langkahnya. Silahkan Anda terlebih dahulu menyiapkan kode iklannya.

Jika iklan yang ingin Anda pasang Google Adsense, silahkan siapkan script iklan Adsense nya terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, silahkan masuk ke dashboard Google Adsense, lalu klik menu iklan, kemudian silahkan pilih jenis iklannya mau yang mana, lalu dapatkan kode.

Jika sudah salin kode atau script yang ada ke notepad atau apapun itu yang bisa untuk menyimpan text sementara.

Kemudian silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini dengan cermat dan seksama.

Cara memasang script iklan dengan bantuan widget theme

Cara yang pertama Anda bisa menggunakan widget theme Anda. Namun perlu saya garis bawahi, untuk pengaturan tata letak widget akan muncul pada bagian mana itu tergantung developer themenya.

Jadi kita hanya bisa mengikuti tata letak yang sudah ada pada settingan theme. Tidak bisa kita custom sendiri tanpa coding, namun jika Anda paham coding bisa Anda setting sendiri.

Pada tutorial yang ini saya akan berikan yang hanya mengikuti tata letak yang ada. Tapi pada tutorial bawah saya akan berikan agar bisa Anda tempatkan pada tempat yang Anda inginkan.

Berikut ini cara memasang script menggunakan widget:

  1. Seperti biasanya, silahkan login terlebih dahulu ke admin Wordpress Anda.
  2. Jika sudah silahkan klik menu Appearance lalu klik widget.
  3. Kemudian cari widget text atau widget HTML dan silahkan drag & drop widget tersebut ke area widget yang Anda inginkan, pada tahap ini area widget nya akan berbeda-beda tergantung theme yang Anda gunakan.
  4. Lalu buka widget tersebut dan silahkan paste kode iklan yang sudah Anda salin tadi lalu klik save.
  5. Selesai.

Cukup mudah bukan untuk memasang kode iklan pada wordpress menggunakan widget theme. Sekali lagi cara yang ini hanya bisa mengikuti settingan yang sudah ada.

Jadi Anda tidak bisa melakukan penempatan lainnya sesuai keinginan Anda. Namun tidak perlu khawati, berikut ini cara memasang iklan pada bagian tertentu sesuai dengan keinginan Anda.

Cara memasang script iklan menggunakan plugin

Cara yang kedua Anda bisa memasang iklan pada Wordpress menggunakan plugin Quick Adsense. Plugin ini hingga kini masih saya gunakan secara pribadi.

Kenapa saya menggunakan plugin ini tidak dengan plugin yang lain, alasannya karena plugin ini gratis, dan untuk slot iklannya banyak, penempatannya juga bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Langkah-langkah lengkapnya berikut ini:

  1. Silahkan login terlebih dahulu ke admin wordpress Anda.
  2. Lalu silahkan menuju menu plugin dengan cara klik plugin.
  3. Jika sudah silahkan tambahan plugin baru lalu ketikan pada pencarian Quick Adsense.
  4. Kemudian install plugin Quick Adsense tersebut dan tunggu beberapa saat hingga proses intall selesai.
  5. Jika sudah silahkan jalankan plugin Quick Adsense.
  6. Lalu silahkan ke menu pengaturan Quick Adsense.
  7. Pada menu setting Anda bisa mengaturan berapa banyak iklan yang akan Anda tampilkan dan pada bagian mana iklan tersebut akan Anda tampilkan.
  8. Kemudian pada menu Ads on Post Body Anda bisa memasangkan kode iklan yang sudah Anda saling tadi.
  9. Jika sudah jangan lupa klik save lalu coba cek blog Anda, apakah kode iklan sudah muncul atau belum.
  10. Selesai.

Cukup mudah bukan jika menggunakan plugin memasangnya? tidak hanya mudah tapi Anda juga bisa melakukan setting tempat iklannya. Jadi tidak hanya situ-situ saja tempatnya, tapi bisa Anda letakan pada posisi lainnya.

Sebetulnya ada plugin lain namun hingga saat ini saya masih menggunakan plugin ini dan bisa terbilang cukup memadai. Karena saya bisa menaruh banyak iklan, dan tempatnya bisa berbeda-beda.

Namun jika Anda ada plugin lainnya bisa silahkan Anda gunakan, tidak ada salahnya untuk coba-coba plugin juga.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan mengikuti cara tadi Anda sudah bisa memasang kode iklan sendiri pada blog Wordpress Anda. Cara tersebut tidak hanya untuk Adsense, namun bisa untuk layanan iklan lainnya.

Jadi bisa Anda kembangkan sendiri untuk jenis iklan lainnya. Sebetulnya jika kita bandingkan dengan blogspot, wordpress lebih mudah kita implementasikan.

Karena hanya dengan menggunakan sebuah tools kita sudah bisa memasang berbagai macam jenis iklan sendiri.

Penempatannya pun lebih bervariatif, tidak hanya pada awal artikel saja, namun bisa pada berbagai macam tempat lainnya.

Keren bukan? sedangkan blogspot jika kita ingin menempatkan pada lokasi yang berbeda, kita harus melakukan custom menggunakan coding.

Jadi lebih terlihat sulit terutama bagi para pemula dan yang tidak paham akan bahasa pemrograman. Beda dengan Wordpress, Anda tidak perlu paham coding namun tinggal memahami cara settingnya saja.

Saya sendiri sebagai pengguna Wordpress juga sangat terbantu dengan adanya berbagai macam tools. Tidak perlu paham coding namun bisa melakukan custom sendiri dengan memakai tools.

Tools yang adapun juga gratis, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menggunakan tools ini.

Mungkin itu saja pembahasan pada artikel ini, semoga apa yang saya jelaskan dapat mudah Anda pahami.

Sabar OM masih Loading... - Ayo OM Tonton dulu Cara melewati link url.shortlinkterbaik.com & Realsht.mobi Please lah OM Supaya tidak susah lagi melewati linknyaGET LINK
DOWNLOAD
-->