Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Masalah Pembatasan Iklan AdSense

 



Iklan adsense di website blog tidak muncul karena pembatasan iklan dari Adsense membuat kita kesal. Pelajari bagaimana cara mengatasi masalah pembatasan iklan Adsense agar iklan kembali muncul dengan normal.

Mengapa Google Membatasi Penayangan Iklan AdSense?

Google Adsense membatasi penayangan iklan untuk meminimalisir dampak trafik yang tidak valid sehingga merugikan advertiser / pengiklan. Cara kerjanya fokus untuk untuk melindungi pengiklan dengan menguji kualitas trafik yang mengklik iklan.

Penyebab Pembatasan Iklan Google AdSense

Pembatasan iklan Adsense itu mengurangi jumlah tayangan iklan pada blog ke akun Adsense. Umumnya pembatasan ini membutuhkan waktu maksimal 30 hari / 1 bulan.

Berikut ini adalah alasan mengapa akun AdSense dibatasi atau tunduk pada pembatasan posting, termasuk:

Trafik Sedikit

Google menyukai trafik organik yang berasal dari mesin pencari. Google memperhitungkan usia, jenis, dan konten blog saat mengevaluasi sumber lalu lintas yang tersedia.

RKT AdSense

RKT AdSense di atas batas wajar menarik perhatian bot Google. Iklan pop-up dan iklan melekat termasuk dalam kategori metode penayangan iklan yang sebaiknya Anda hindari.

Google tidak menyukai penerbit yang memiliki RKT Adsense tinggi karena terkesan memaksa pengguna untuk mengklik iklan atau tidak sengaja mengkliknya. Umumnya, batas CTR yang disarankan adalah sekitar 4% hingga 5%.

Konten

Meski setelah blog anda sudah verifikasi penayangan iklan adsense, bukan berarti dengan bebas anda menempatkan dan memasang iklan dengan bebas. Tetap ikuti panduan Google agar tetap bisa menggunakan layanan publisher ini.

Berikut larangan pembuatan konten untuk membatasi iklan yang muncul:

        Konten berisi kosakata dewasa

        Termasuk masalah yang berkaitan dengan perjudian dan pornografi.

        Konten yang penuh kebencian dan provokatif

        Konten yang menjual minuman keras, obat resep, tembakau, produk tembakau, senjata, dan amunisi

        Item yang mengandung aktivitas ilegal atau ilegal

Lalu lintas tidak valid

Google telah mendeteksi lalu lintas yang dianggap tidak valid. Google percaya bahwa aktivitas lalu lintas di blog Anda mungkin disengaja untuk meningkatkan pendapatan iklan.

Hal ini berdampak pada pendapatan Google Adsense secara signifikan serta menjadi penyebab turun hingga 99% pendapatan selama beberapa periode yang lalu. Ini termasuk bot, klik tidak sengaja, klik bom, dan lalu lintas berbayar.

Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Google AdSense

Penayang biasanya tidak melakukan apapun saat akun mengalami pembatasan penayangan iklan. Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk mengatasi masalah pembatasan iklan Adsense Anda:

Mengatasi Pembatasan Iklan dengan Evaluasi

Evaluasi konten blog Anda satu per satu dan jika ada konten yang melanggar kebijakan Adsense maka segera perbaiki. Termasuk kata kunci, konten, gambar, dan informasi lainnya. Lebih jelasnya ada di https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=id.

Biarkan Tag AdSense Tetap Utuh

Sebagian besar penerbit akan menghapus tag AdSense atau menggunakan layanan penyedia iklan lain seperti MGID atau Propeller Ads.

Jangan rubah meta tag apapun dari adsense agar bisa mengidentifikasi penyebabnya. Selain itu anda juga masih bisa mendapatkan penghasilan meski dalam kondisi pembatasan.

Periksa Sumber Trafik

Cara mengatasi pembatasan iklan AdSense selanjutnya adalah dengan memeriksa trafik blog. Pastikan Anda tidak memiliki sumber lalu lintas bot, jingling dan lalu lintas non-manusia lainnya.

Periksa, dari mana blog Anda menerima traffic setiap hari. Blokir akses dari sumber yang bermasalah.

Periksa Penempatan Iklan

Klik yang tidak disengaja umumnya merupakan salah satu penyebab paling umum dari lalu lintas AdSense yang tidak valid. Hal ini karena penempatan iklan yang sangat mengganggu tujuan pengunjung.

Pengunjung ingin melihat konten tapi tertutup dengan iklan sehingga tidak sengaja mengklik iklan. Termasuk hindari penempatan iklan pop-up dan iklan melekat.

Mengatasi Pembatasan Iklan dengan Melihat Pusat Kebijakan

Silahkan mengunjungi pusat kebijakan Google Adsense dan anda harus bisa memastikan bahwa penayangan iklan sudah sesuai aturan Google Adsense.

Tingkatkan Kualitas Trafik

Salah satu penyebab terbatasnya iklan Adsense adalah kualitas trafik yang buruk. Tingkatkan kualitas traffic dan pengunjung blog Anda dengan:

        Hindari terlalu sering ngeblog di media sosial

        Bagikan link blog Anda ke grup media sosial yang sesuai dengan pembahasan artikel.

        Hindari berbagi URL blog dengan situs web spam atau kolom komentar di situs web berkualitas rendah.

        Hindari membeli trafik, membeli bot, atau menggunakan lalu lintas berbahaya.

Mengatasi Masalah Pembatasan Iklan dengan Update Konten

Poin penting yang harus diperhatikan adalah terus mengupdate konten secara berkala. Sekalipun Anda kesal karena ada pembatasan iklan, Google tetap melihat perilaku Anda yang masih bersemangat membuat konten baru sehingga layak untuk aktif kembali.

Setelah memahami cara mengatasi masalah pembatasan iklan di AdSense, lebih baik pelajari juga cara mencegah agar tidak ada pembatasan iklan lagi di AdSense.

Cara Mencegah Pembatasan Iklan Google Adsense

Sebagai publisher, Anda harus mengirimkan lalu lintas berkualitas ke mitra iklan Anda yaitu Google Adsense. Ketika trafik blog anda berkualitas tinggi maka pengiklan / advertiser akan secara otomatis meningkatkan tawaran kepada anda

Berikut cara mencegah akun AdSense Anda terkena pembatasan iklan:

Jangan Curang

Sebagian besar penerbit / publisher mencoba meningkatkan penghasilan AdSense dengan cara yang baik dan adil, tanpa harus menipu pengiklan atau Google.

Penerbit jenis ini kemungkinan besar tidak memerlukan penjelasan mengapa mereka terpengaruh oleh pembatasan iklan Google AdSense.

Analisis Pola Klik Pengunjung

Sebagian besar penayang AdSense sudah mengetahui RKT setiap unit iklan. Namun, Anda bisa mendapatkan informasi lebih mendalam tentang RKT ini.

Urutkan RKT unit iklan menurut lokasi, browser yang digunakan, atau waktu tertentu dalam sehari. Traffic tidak valid tidak hanya dapat dilihat di RKT, tetapi pola klik yang aneh juga dapat menunjukkan sumber lalu lintas yang mencurigakan.

Gunakan Cloudflare atau Layanan Serupa

Banyak blogger yang menggunakan semacam Cloudflare untuk mempercepat kecepatan loading blog. Cloudflare tidak hanya dapat menyimpan konten CDN, tetapi juga melindungi blog Anda dari lalu lintas yang tidak valid.

Anda harus lebih berhati-hati agar tidak mendapatkan masalah pembatasan iklan lagi karena akan cukup merepotkan untuk mengatasi lagi.

Perhatikan Posisi Iklan

Pastikan pengunjung blog Anda tahu bahwa iklan Anda adalah iklan. Umumnya, Anda diminta untuk menampilkan postingan seperti Advertisements di kolom pengumuman. Metode ini bisa mencegah klik yang tidak disengaja yang mengirimkan lalu lintas tidak valid ke AdSense.

Perhatikan juga penempatan iklan serta hindari menempatkan iklan pada posisi yang dekat konten lainnya untuk memancing pengunjung klik iklan dari pada membaca konten.

Periksa juga penempatan iklan di layar ponsel dan tablet. Secara umum, pengguna kedua perangkat lebih cenderung mengklik iklan secara tidak sengaja.

Waspada dengan Trafik Berbayar

Tidak ada salahnya membeli traffic asalkan membeli traffic yang berkualitas. Ciri dari trafik berbayar yang berkualitas adalah Anda mengiklankan konten Anda kepada pengguna manusia (bukan bot) dan pengguna tersebut tertarik untuk meng klik iklan Anda.

Trafik berbayar yang tidak memenuhi syarat biasanya menggunakan pengalihan, popup, underlay, atau lalu lintas berbayar khusus untuk klik iklan. Teknik lalu lintas berbayar berkualitas rendah ini tidak disarankan dan dapat menyebabkan masalah.




Tunggu OM